Rabu, 05 Oktober 2016

MAKANAN TRADISONAL KARAK KALIANG

||KARAK KALIANG_

Kota Payakumbuh  salah satu Kota yang ada di sumatera barat. Kota yang dikenal sebagai salah satu pemilik makanan tradisonal galamai. Payakumbuh selain memiliki galamai, juga salah satu penghasil makanan tradisonal Karak Kaliang.
Makanan yang terbilang unik ini, karena makanan ini persis berbentuk angka delapan. Karak Kaliang yang berbahan baku ubi kayu yang diparut, karak kaliang dijadikan ladang usaha oleh warga Kelurahan Payolansek, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh.


Usaha membuat makanan tradisonal Karak Kaliang ini, digeluti warga payolansek sejak tahun 1980-an silam. Berawal belajar melirik usaha dari daerah tetangga bukittinggi, warga payolansek payakumbuh ini, memulai usaha hingga sekarang berhasil mengisi pasar dan pusat oleh-oleh yang ada di Kota Payakumbuh dan Bukittinggi hingga sumatera barat. Usaha yang digeluti warga ini, masih memakai proses produksi secara tradisonal.
Pada akhirnya Karak Kaliang dijadikan salah satu oleh - oleh unggulan asal sumatera barat. Tidak heran, saat wisatawan asal luar sumatera barat bahkan luar negeri mengincar makanan unik ini.
Selain rasanya yang gurih, makanan ini juga tahan lama. Warga payolansek yang memulai usaha ini sejak tahun 1980-an, menamai rumah produksi ini dengan nama "Bengke".
Untuk satu bengke pemilik usaha yang mempekerjakan tenaga kerja 10 hingga 15 orang dalam satu harinya, yang mulai bekerja dari pukul 05.30 sampai pukul 21.00 setiap harinya. Setiap harinya pemilik bengke ini, bisa menghasilkan karak kaliang siap jual lebih kurang 350 sampai 500 Kg setiap harinya. Selain Karak Kaliang bengke ini juga penghasil makanan berbahan sama, makanan ini dinamai karupuak lento. Makanan yang berbentuk kepingan ini, juga di produksi secara manual oleh ibu-ibu warga kelurahan payolansek.
Sumatera Barat yang kaya dengan penghasil kuliner tradisional, Payakumbuh menjadi salah satu bagian dari penghasil makanan unik ini. kalau berkunjung ke Sumatera Barat, jangan lupa mampir ke Payakumbuh penghasil makanan tradisional, dan nikmati kuliner asal Payakumbuh ini, Karak Kaliang unik dan rasa yang menarik. (a.Bst_October 06th, 2016)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar